Kamis, 03 September 2015

Tentang Daerah Kalimantan Selatan

Kita bahas mulai dari seni budaya yang ada di Kalimantan Selatan
Ada beberapa jenis ragam keseniannya yaitu ada madihin,mamanda,japen,balamut,hadrah,musik panting,upacara maarak penganten,bamandi-mandi,maayun anak.
Sedangkan ciri khas Kalimantan Selatan yaitu Sasirangan.
Kain sasirangan yang merupakan kerajinan khas daerah Kalimantan Selatan menurut masyarakat setempat, dulunya digunakan sebagai ikat kepala (laung), juga sebagai sabuk dipakai kaum lelaki serta sebagai selendang,  kerudung, atau udat (kemben) oleh kaum wanita. Kain ini juga sebagai pakaian adat dipakai pada upacara-upacara adat, bahkan digunakan pada pengobatan orang sakit. Tapi saat ini, kain sasirangan peruntukannya tidak lagi untuk spiritual sudah menjadi pakaian untuk kegiatan sehari-hari, dan merupakan ciri khas sandang dari Kalsel. Di Kalsel, kain sasirangan merupakan salah satu kerajinan khas daerah yang perlu dilestarikan dan dikembangkan. Kata “Sasirangan” berasal dari kata sirang (bahasa setempat) yang berarti diikat atau dijahit dengan tangan dan ditarik benangnya atau dalam istilah bahasa jahit menjahit dismoke/dijelujur.

 (http://portalbanjarmasin.com/kain-sasirangan-kerajinan-khas-daerah-kalimantan-selatan/)

 Di Kalimantan Selatan juga ada banyak jenis makanan mulai dari nasi kuning,masak habang,wadai bingka,iwak bapais,gangan waluh,paisan baung, paisan wadi sapat,papuyu basanga dan masih banyak lagi jenis masakan yang ada di Kalsel mari silahkan kunjungi kota Seribu Sungai(Kalimantan Selatan).
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar